header-int

SELAMAT HARI BELA NEGARA TAHUN 2018

Rabu, 19 Des 2018, 18:03:16 WIB - 166 View
Share
SELAMAT HARI BELA NEGARA TAHUN 2018

“Seluruh Rakyat Wajib #BelaNegara, Songsong Hari Esok Makmur Sentosa”.

Itulah penggalan akhir dari Lagu Mars Bela Negara ciptaan Dharma Oratmangun, Hak Cipta Kementerian Pertahanan. #BelaNegara sendiri didefinisikan sebagai sebuah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan pada tanah air, pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sejak tahun 2006 melalui Keputusan Presiden RI Nomor 28 Tahun 2006, tanggal 19 Desember (hari ini) ditetapkan sebagai #HariBelaNegara.

Tanggal 19 Desember ditetapkan sebagai #HariBelaNegara untuk mengenang peristiwa sejarah, ketika pada waktu itu tanggal 19 Desember 1948, Belanda melakukan serangan militer (dikenal dengan Agresi Militer II) terhadap Yogyakarta, ibukota negara saat itu, dengan mengumumkan tidak adanya lagi negara Indonesia. Presiden Soekarno kemudian memberikan mandat penuh kepada Mr. Syafrudin Prawinegara untuk menjalankan pemerintahan dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Padang, Sumatera Barat, guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kini 70 tahun setelah peristiwa bersejarah tersebut, Presiden Jokowi melalui amanatnya pada Peringatan #HariBelaNegara Tahun 2018 mengajak segenap anak bangsa untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggungjawabnya. #BelaNegara merupakan wadah peran dan kontribusi segenap komponen masyarakat, termasuk dunia usaha, dunia pendidikan, media, hingga tokoh pemuda, dan tokoh agama.

Presiden Jokowi menyampaikan banyak aparat TNI dan Polri, juga para aktivis sosial dan para birokrat di daerah-daerah di pelosok Nusantara yang bekerja melampaui tugas yang diberikan. Banyak di antara mereka yang mengajar walaupun mereka bukan guru, yang mengajak masyarakat untuk hidup sehat walaupun mereka bukan pegawai kesehatan. Banyak mereka yang mendampingi masyarakat untuk berwirausaha tanpa berniat mengambil manfaat dari masyarakat. Presiden Jokowi menyampaikan inilah sebuah bentuk dari #BelaNegara yang patut diapresiasi.

Kembali, Presiden Jokowi menyampaikan banyak generasi muda yang menebarkan berita-berita baik dan menyejukkan di media sosial, di tengah ujaran kebencian dan kebohongan yang menyebar di mana-mana. Banyak generasi muda yang menggunakan media sosial sebagai media untuk belajar, dan media untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. Banyak generasi muda yang menggunakan media sosial untuk menyebarkan nilai-nilai Pancasila dan terus mempererat Bhinneka Tunggal Ika. Merekalah yang telah ikut #BelaNegara, yang mewujudkan kecintaan pada bangsa melebihi tugas dan tanggungjawabnya.

Indonesia sebagai negara yang besar. Tidak ada negeri yang seberagam dan sekaligus sebersatu seperti negeri kita ini. Keberadaan ratusan suku bangsa, bahasa, adat istiadat, beragam agama, dan kepercayaan di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang membentang lebih dari seperdelapan khatulistiwa, marilah kita syukuri bersama. Tugas #BelaNegara bukanlah tugas yang ringan seiring dengan makin kompleksnya tantangan yang dihadapi.

Sinergi antar segenap elemen bangsa Indonesia mampu membawa Indonesia menjadi negara yang berdaulat, adil, dan makmur, serta berkepribadian dalam kebudayaan.

Selamat #HariBelaNegara tanggal 19 Desember 2018.

“Bela Negara untuk Kemakmuran Rakyat”.

imwi Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) berdiri sejak tahun 2014 dengan izin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebelum beralih menjadi kemenristek dan DIKTI no. 505/E/0/2014. IMWI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Institut di Kota Sukabumi.
Program Studi (S1) : Manajemen (S.M) | Akuntansi (S.Ak) | Administrasi Bisnis (S.Ab)| Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) | Sistem Informasi (S.Kom) | Desain Komunikasi Visual (S.Ds)
© 2019 Institut Manajemen Wiyata Indonesia Follow IMWI : Facebook Youtube