header-int

Mahasiswa IMWI Menjadi Pemenang Pasanggiri Wanoja Jajaka Kota Sukabumi tahun 2018.

Kamis, 23 Mei 2019, 13:35:55 WIB - 52 View
Share
Mahasiswa IMWI Menjadi Pemenang Pasanggiri Wanoja Jajaka Kota Sukabumi tahun 2018.

IMWI merupakan salah satu perguruan tinggi di sukabumi. sukabumi saat ini menjadi primadona bagi para musafir ilmu untuk kuliah di sukabumi tidak hanya untuk dalam kota namun juga dari luar kota khususnya wilayah sekitar kota sukabumi, seperti cianjur, kabupaten sukabumi, bogor. Namun IMWI saat ini memiliki mahasiswa yang bersasal dari luar pulau datang ke sukabumi, dan kuliah di sukabumi. kuliah di sukabumi merupakan pilihan yang tepat saat ini karena selain kualitas dari geografis, sukabumi merupakan bagian dari provinsi Jawa Barat, yang merupakan wilayah dengan potensi yang sangat besar dalam bidang budaya dan pariwisata. Destinasi wisata yang dimiliki oleh Jawa Barat dengan kearifan budaya lokal masyarakatnya dipengaruhi oleh dua kebudayaan utama yaitu Kebudayaan Sunda dan Kebudayaan Cirebon. Kebudayaan Sunda berkembang di Tataran Sunda, Tanah Pasundan atau Periangan. Kemudian Kebudayaan Cirebon berkembang di wilayah bekas Karesidenan Cirebon. Hal tersebut menjadikan wilayah Jawa Barat memiliki ciri khas tersendiri. Jawa Barat memiliki daya tarik sebagai destinasi wisata, sehingga tidak perlu ragu untuk kuliah di sukabumi.

Kota Sukabumi sebagai bagian dari Jawa Barat telah berkembang menjadi wilayah tempat perkembangan Budaya Sunda, menjadikan Kota Sukabumi sebagai Kota yang Berbudaya. Dengan lokasi yang berada diantara dua ibu kota besar, Jakarta dan Bandung, Kota Sukabumi memiliki potensi sebagai penggerak ekonomi kreatif melalui sektor wisata dan kebudayaan yang dimiliki.

Anugerah terbesar yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa kepada Jawa Barat dan Kota Sukabumi khususnya tentu harus disyukuri. Hal yang dapat dilakukan oleh semua pihak adalah menjaga , membangun, serta melestarikan budaya-budaya tersebut yang saat ini terasa kian luntur. Bahasa Sunda yang mulai tergeser sehingga terlupakan oleh pemuda-pemudi lokal. Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi dalam hal ini melakukan kegiatan Pasanggiri Wanoja Jajaka Kota Sukabumi dengan harapan dapat melahirkan Duta Budaya.

Melalui kegiatan Wanoja Jajaka Kota Sukabumi diharapkan dapat mewujudkan generasi muda Kota Sukabumi yang selain ideal, modern dan popular, juga turut membangun, mempromosikan dan melestarikan nilai-nilai budaya luhur dan kearifan lokal Kota Sukabumi. Untuk itu kemarin malam tanggal 28 Desember 2018 telah dilaksanakan Grand Final Wanoja Jajaka Kota Sukabumi tahun 2018, dimana sebelumnya sudah melewati beberapa tahapan seleksi sampai dengan menghasilkan sepuluh pasang Wanoja dan Jajaka yang akan bertanding kembali dalam Grand Final malam itu.

Sebuah kebanggaan bagi Institut Manajemen Wiyata Indonesia yang ikut berpartisipasi dalam acara ini melalui keikutsertaan mahasiswanya sehingga mampu berkontribusi untuk Kota Sukabumi. Terpilihnya Oktiviani Mudhaliva, mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Institut Manajemen Wiyata Indonesia sebagai Wanoja Pinilih Kota Sukabumi tahun 2018, dan terpilihnya Karisma Nurfadilah, mahasiswa Program Studi Manajemen Institut Manajemen Wiyata Indonesia sebagai Duta Kesenian, menjadikan ini sebagai salah satu bukti kontribusi nyata terhadap kemajuan budaya Kota Sukabumi.

Selamat kepada Oktiviani Mudhaliva dan Karisma Nurfadilah yang telah berprestasi, serta rekan seperjuangan Reza Gustiani Ratu yang juga turut serta dalam kegiatan ini dan masuk sepuluh besar. Kalian telah membuktikan bahwa selain kecantikan dan kepintaran, kecintaan dan rasa memiliki terhadap budaya menjadikannya sebagai salah satu kelebihan lain kalian. Mudah-mudahan ke depan, kalian bisa menjadi role model pemuda-pemudi Kota Sukabumi yang berbudaya, mencintai khasanah kearifan lokal daerahnya, mengenalkan potensi Kota Sukabumi ke tingkat Jawa Barat sampai dengan tingkat Nasional. Selamat dan Sukses selalu.

 

imwi Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) berdiri sejak tahun 2014 dengan izin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebelum beralih menjadi kemenristek dan DIKTI no. 505/E/0/2014. IMWI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Institut di Kota Sukabumi.
Program Studi (S1) : Manajemen (S.M) | Akuntansi (S.Ak) | Administrasi Bisnis (S.Ab)| Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) | Sistem Informasi (S.Kom) | Desain Komunikasi Visual (S.Ds)
kuliah-dengan-akses-kerja|Tempat-kuliah-di-sukabumi|mahasiswa-berpestasi|kuliah-bergensi-di-sukabumi|kuliah-sukabumi|imwi-akses-kerja|mahasiswa-akses-kerja-imwi
© 2019 Institut Manajemen Wiyata Indonesia Follow IMWI : Facebook Youtube