header-int

IMWI Sukabumi Bangun Indonesia Dimulai Dari Desa

Jumat, 06 Apr 2018, 11:33:43 WIB - 355 View
Share
IMWI Sukabumi Bangun Indonesia Dimulai Dari Desa

SUKABUMI — Institut Manajemen Wiyata Indonesia bekerja sama dengan Kodim 0607/Kota Sukabumi, berencana mendorong pembangunan serta pemberdayaan kawasan perdesaan berbasis kearifan lokal melalui usaha pertanian. Salah satunya, membantu petani mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Bank Tani. Hal ini, sebagai bentuk pengamdian perguruan tinggi yang tercantum dalam tri dharma perguruan.

Ketua Yayasan Wiyata Indonesia, Maria Wiyata mengatakan, IMWI Sukabumi saat ini menargetkan semua Kecamatan Sukaraja dapat menjadi pilot project bagi desa lainnya. Pasalnya, Kecamatan Sukaraja merupan ke dua yang berfotensi dari bidang penghasilan padi. Sebab itu, perguruan tinggi akan berupaya untuk membantu mengembangkan potensi yang berada di wilayah tersebut. “Kami akan melakukan dulu potensi setiap desa yang berada di Kecamatan Sukaraja untuk didorong hingga bisa mengelola dan meningkatkan potensi tersebut, terutama dalam bidang pertanian,” kata Maria usai kegiatan sosialisasi belum lama ini.

Lanjut Maria, terdapat tiga hal yang juga harus diperhatikan dalam meningkatkan kesejahteraan desa, yakni penguatan tanggungjawab aparat desa, pembagian peran serta aturan main atau regulasi yang diterapkan. “Kami harus menggali kearifan masyarakat desa serta harus dijalin kerjasama. Selain itu, juga perlu integritas sebagai bentuk komitmen masyarakat desa, perencanaan program dan pengembangan sumber daya yang kuat,” ujarnya.

Sebab itu, pihaknya selain akan melakukan pengawan juga memberikan pelatihan terhadap pemerintahan desa dan masyarakat agar bisa memanfaatkan potensi yang bedarada di daerahnya. Jika program tersebut berhasil, maka Kecamatan Sukaraja dapat menularkan kepada kecamatan lainnya. “Targetnya, pada 2045 Sukabumi menjadi lumbung pangan se-dunia. Mudah-mudahan dengan uapaya ini dapat membuahkan hasil maksimal. Kita bangun Indonesia dari desa,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Letnan Kolonel Inf, Mohammad Mahfud menerangkan, dalam meningkatkan pembangunan dan memanfaatkan potensi wilayah dibutuhkan pran serta perguruan tinggi yang amana dapat meneliti dan menuangkan pemikiran dalam upaya mendorong percepatan pembangunan desa. “Karena desa memiliki potensi yang luar biasa. Tapi, perlu ada yang mengawal dan mendampingi, disinilah peran perguruan tinggi dimunculkan,” terangnya.

Terdapat dua peran perguruan tinggi lanjut Mahfud, dari aspek regulasi yakni membantu dalam penyusunan kebijakan yang baik dan dipastikan bisa diimplementasikan serta adanya sumber daya manusia handal yang menghasilkan teknologi yang bisa diterapkan di perdesaan. Perguruan tinggi memiliki riset yang baik dapat memberikan masukan untuk penguatan substansi pembangunan dan pemberdayaan desa. Misalnya, inovasi atau penerapan teknologi tepat guna yang sudah dilakukan melalui riset-riset. “Jika ada gagasan, ide, maka potensi akan terkonvensi menjadi aneka aktivitas dan kesejahteraan dari berbagai dimensi. Semisal, terbentuknya desa wisata, desa sejarah dan sebagainya. Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahtraan masyarakat,” pungkasnya. Nur
 

http://sukabumizone.com/2017/11/23/imwi-sukabumi-bangun-indonesia-dimulai-dari-desa/

imwi Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) berdiri sejak tahun 2014 dengan izin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebelum beralih menjadi kemenristek dan DIKTI no. 505/E/0/2014. IMWI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Institut di Kota Sukabumi.
Program Studi (S1) : Manajemen (S.M) | Akuntansi (S.Ak) | Administrasi Bisnis (S.Ab)| Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) | Sistem Informasi (S.Kom) | Desain Komunikasi Visual (S.Ds)
© 2019 Institut Manajemen Wiyata Indonesia Follow IMWI : Facebook Youtube