header-int

IMWI STUDENT CENTER LEARNING

Senin, 05 Mar 2018, 11:43:57 WIB - 531 View
Share
IMWI STUDENT CENTER LEARNING

Student Centered Learning atau SCL merupakan satu pendekatan pembelajaran yang dipercaya efektif dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Tentu saja, Student Centered Learning ini telah diterapkan di Institut Manajemen Wiyata Indonesia. Dengan tujuan mahasiswa bisa lebih aktif terlibat dalam kegiatan kuliah dibandingkan dengan anak sekolahan. Bagaimanapun, sudah seharusnya jika mahasiswa memiliki daya kritis yang tinggi.

Proses belajar yang diterapkan dengan melibatkan mahasiswa untuk memahami materi secara aktif. Sementara itu, dosen lebih berperan sebagai fasilitator. Kegiatan yang merangsang mahasiswa agar aktif misalnya dengan melakukan riset, mengadakan diskusi, dan menulis buku.

Metode Student Centered Learning ini memberikan beberapa manfaat bagi mahasiswa, di antaranya:

  1. Mahasiswa menjadi “civitas academica” yang seutuhnya

Memang secara umum, mahasiswa pun bagian dari civitas academica. Namun apakah itu sudah berjalan semestinya? Tidak, jika mahasiwa belum menjadi bagian integral dari komunitas akademik. Dengan kata lain, mahasiswa belum sepenuhnya menjadi civitas academica jika posisinya masih sebagai objek ceramah dosen. Apalagi, jika penilaiannya ditentukan hanya dari bagaimana mereka bisa “mengulang” isi ceramah pada lembar kerja saat ujian.

 

  1. Meningkatkan motivasi belajar

Jika mahasiswa sadar akan perannya sebagai civitas academica, mereka akan termotivasi untuk menguasai teori dan terus melakukan kajian. Belum lagi jika mereka difasilitasi untuk turut mempublikasikan karya ilmiah. Selain melakukan penelitian, mereka bisa termotivasi untuk menulis dan mempublikasikan hasil penelitiannya, baik dalam bentuk jurnal maupun buku.

 

  1. Lebih independen dan bertanggung jawab untuk belajar

Dengan memusatkan pada mahasiswa, maka mahasiswa dituntut untuk aktif belajar. Mereka harus melakukan penelitian kemudian mempresentasikannya saat kuliah.

 

  1. Mahasiswa bisa belajar lebih mendalam

Mahasiswa menjadi punya peluang untuk mendalami bidang ilmu yang ditekuni secara mandiri, tidak terikat oleh materi-materi dari dosennya.

imwi Institut Manajemen Wiyata Indonesia (IMWI) berdiri sejak tahun 2014 dengan izin dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebelum beralih menjadi kemenristek dan DIKTI no. 505/E/0/2014. IMWI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Institut di Kota Sukabumi.
Program Studi (S1) : Manajemen (S.M) | Akuntansi (S.Ak) | Administrasi Bisnis (S.Ab)| Ilmu Komunikasi (S.I.Kom) | Sistem Informasi (S.Kom) | Desain Komunikasi Visual (S.Ds)
kuliah-dengan-akses-kerja|Tempat-kuliah-di-sukabumi|mahasiswa-berpestasi|kuliah-bergensi-di-sukabumi|kuliah-sukabumi|imwi-akses-kerja|mahasiswa-akses-kerja-imwi
© 2019 Institut Manajemen Wiyata Indonesia Follow IMWI : Facebook Youtube